Sabtu, 11-10-2025
  • Program Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian Umat
  • Program Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian UmatProgram Unggulan MA GUPPI Al Barkah: Otomotif - Tata Busana - Pengabdian Umat

Strategi Marketing Sekolah Swasta untuk Meningkatkan Daya Tarik: Jadikan Orang Tua sebagai Duta

Diterbitkan : Sabtu, 26 Juli 2025
Kepala MA GUPPI Al Barkah, KH Aam Sihabulmillah menjelaskan profil sekolah

MA-ALBARKAH.SCH.ID – Marketing tidak hanya dikenal dalam dunia bisnis, sekolahpun memerlukan marketing.

Strategi marketing sangat diperlukan sekali untuk menarik minat siswa.

Lembaga pendidikan tentunya menginginkan banyak siswa yang mendafrar.

Sebab, semakin banyak siswa maka sekolah tersebut akan terus mengalami peningkatan, baik mutu maupun fasilitas penunjang pembelajaran.

Untuk menarik minat siswa supaya banyak yang daftar ke lembaga pendidikan tentu membutuhkan stategi.

Terlebih bagi sekolah swasta yang harus bersaing dengan sekolah negeri yang notabene lebih unggul dalam hal failitas maupun branding.

Strategi ini bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan zaman.

Dikutip dari laman Truth Tree, sedikitnya ada 6 strategi yang bisa diterapkan sekolah untuk meningkatkan pendaftaran siswa, yaitu sebagai berikut:

1. Mengembangkan dan memperkuat branding sekolah

    Perkuat branding sekolah dengan cara mempromosikan apa yang menjadi keunggulan sekolah tersebut.

    Ciptakan kondisi agar masyarakat langsung mengenali lembaga kita dengan hanya melihat logo saja.

    Artinya, logo sekolah bisa menjadi salah satu media promosi. Semakin sering logo kita terpampang, maka semakin mudah orang mengenali dan mengingat sekolah kita.

    Jika ada event, baik di tingkat lokal maupun nasional, pastikan logo kita terpampang di situ.

    2. Memberikan kepemimpinan yang kuat

    Sekolah swasta bisa meraih kesuksesan dengan kepemimpinan yang tepat.

    Jika sekolah diisi oleh orang-orang yang tepat dan berkompeten, maka peluang sekolah untuk maju semakin besar.

    Oleh sebab itu, carilah staf yang memiliki visi personal dan visioner.

    Orang-orang yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman pendidikan yang menyenangkan dan membanggakan bagi siswa harus menjadi tokoh sentral dalam materi pemasaran pendidikan Anda .

    3. Tetapkan target pendaftaran sekolah

    Mapping dalam sebuah marketing sangat penting, sebab dengan cara inilah kita bisa mengetahui dan menentukan target yang ingin dicapai.

    Lakukan perencanaan dan analisis yang kuat agar target kita tepat sasaran.

    Pemetaan bisa dengan menentukan wilayah, segmentasi, serta jumlah siswa yang ingin diraih.

    Fokuslah pada target yang ingin dicapai agar stategi pemasaran efektif.

    4. Mengelola situs web sekolah

      Website sekolah merupakan salah satu identitas lembaga pendidikan.

      Di dalamnya memuat berbagai informasi mengenai sekolah, mulai dari program, fasilitas, hingga prestasi.

      Melalui website, informasi tentang sekolah bisa sampai kepada masyarakat tanpa memandang batas teritorial.

      Bagi sekolah yang tidak menerapkan sistem zonasi, tentu ini sebuah keuntungan, sebab bisa menggaet calon siswa dari luar daerah.

      5. Kampanye Pemasaran Digital

        Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

        Jika kita bisa memanfaatkannya, maka ini adalah peluang besar untuk menarik minat siswa baru.

        Konten yang menarik terutama berkaitan dengan sekolah dan keseharian para siswa bisa menjadi daya jual.

        Libatkan guru, siswa dan warga sekolah untuk membuat konten menarik yang berkaitan dengan sekolah.

        6. Merekrut orang tua sebagai duta

          Strategi marketing ini cukup efektif karena tidak membutuhkan modal besar.

          Orang tua bisa menjadi marketing sekolah yang menyebarkan informasi positif tentang sekolah.

          Jalin komunikasi yang baik antara lembaga dengan orang tua. Buat mereka bangga menyekolahkan anaknya di lembaga kita.

          Untuk sampai ke arah sana, perlu effort serta waktu cukup lama. Sebab, ini merupakan strategi jangka panjang.

          Saat orang tua merasa tepat menyekolahkan anaknya di lembaga kita, tanpa disadari akan menyampaikan hal itu kepada orang-orang terdekat, tetangga bahkan khalayak.

          Poin utamanya agar orang tua menjadi “Duta Sekolah” adalah bikin mereka bangga menyekolahkan anaknya di lembaga kita.

          Sebab pada dasarnya, promosi dari mulut ke mulut lebih efektif dibandingkan lainnya.

          Bahkan menurut penelitian , 77% konsumen memercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal.*

          Penulis: Nia Erniati, S.Pd. – Guru MA GUPPI Al Barkah Ciamis

          0 Komentar

          Beri Komentar

          Balasan